Pelatihan Computational Thinking di MTsN 1 Pati: Memperkuat Daya Saing Siswa Madrasah di Masa Mendatang


Pada hari Rabu 3 Maret 2021, di MTsN 1 Pati sejumah guru mengikuti pelatihan Computational Thinking. Acara ini dilaksanakan atas kemitraan MTsN 1 Pati dengan Biro Bebras IPMAFA, serta di dukung oleh Google.org dan Kemenag.

Acara ini diikuti oleh 74 guru sebagian besar dari MTsN 1 Pati, 3 guru dari MTs Manahijul Huda Dukuhseti, dan 1 Guru dari MI Tarbiyatul Islamiyah Winong. Acara yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat ini diawali dengan sambutan dari Kepala MTsN 1 Pati, H. Ali Musyafak, S.Ag, M.Pd.I, dilanjutkan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah IPMAFA ( Agus Syakroni, M.Pd) kemudian acara dibuka oleh Ka. Kemenag Kab. Pati yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak. H. Ruhani, S.Ag. MH. selaku Kasi Pendidikan Madrasah.

Acara dilanjutkan dengan pembagian peserta menjadi 3 (tiga) kelas yang dipimpin oleh dua orang tutor dari Biro Bebras IPMAFA pada tiap kelasnya.  Pelatihan di kelas dimulai dengan mengerjakan 4 buah soal dari Bebras Challenge. Para peserta pada awalnya ada yang kesulitan memahami soal pertama, namun pada soal-soal selanjutnya peserta sudah mulai memahami pola soal Tantangan Bebras. Acara dilanjutkan dengan game instruksi yang mana memberikan tantangan kepada peserta untuk membuat instruksi secara lengkap tapi singkat. Pada tahap selanjutnya para tutor memberikan brainstorming mengenai kondisi SDM Indonesia, Revolusi Industri 4.0,Society 5.0, VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity), dan pengenalan Computational Thinking sejak dini agar nantinya anak-anak bisa berkompetisi dimasa mendatang .

Para peserta diberikan cara untuk melakukan latihan-latihan Computational Thinking yang bekerjasama dengan Bebras Indonesia dan diberikan akses contoh-contoh soal Computational Thinking yang nantinya bisa digunakan oleh para guru untuk menerapkan Computational Thinking kepada para siswa.  

Sesi terakhir dari pelatihan adalah pengenalan permainan berbasis Computational Thinking seperti Scratch dan Blockly.games. Para peserta melakukan simulasi dengan membuat konten pada Scratch dan mengerjakan soal-soal pada blockly.games.

 

 

1 Comments

  1. terima kasih untuk artikel yang menarik, bagi calon mahasiswa baru Universitas Airlangga menyediakan berbagai macam program pertukaran pelajar untuk mahasiswanya. Dalam Airlangga Education Expo 2023, dijelaskan oleh Sekretaris Direktorat Airlangga Global Engagement (AGE), selengkapnya dapa dibaca pada link berikut: https://unair.ac.id/unair-miliki-berbagai-program-pertukaran-pelajar-untuk-mahasiswa/

    ReplyDelete
Previous Post Next Post